Posted by: sujanayogi | 5 March 2010

CNC Milling Machine (Mesin Milling CNC)

Milling CNC (Excel PMC-10T24)

Dalam dunia fabrikasi mekanik, banyak jenis mesin yang dilibatkan di dalamnya, antara lain : mesin Milling, mesin Turning (bubut), Mesin Gerinda, mesin Drill (bor), dan lain-lain. Kegunaannya yaitu :

1. Mesin Milling          : Untuk membuat benda kerja dengan bentuk dasar balok

2. Mesin Turning         : Untuk membuat benda kerja dengan bentuk dasar silindris

3. Mesin Drill              : Untuk membuat lubang

4. Mesin Gerinda        : Untuk menghaluskan permukaan benda kerja dan mencapai kepresisian

Mesin-mesin tersebut berdasarkan sistem operasinya dibagi menjadi 2 yaitu mesin. kenvensional dan mesin CNC. Mesin konvensional adalah mesin dimana pergerakan meja dan cutter dilakukan secara manual, menggunakan tangan melalui sebuah eretan. Mesin CNC adalah mesin (baik itu Milling ataupun Turning atau yang lainnya) dimana pergerakan meja dan cutter dikendalikan oleh suatu program (dengan menggunakan bahasa G-code). Dengan mesin CNC, akurasi dan kecepatan operasional mesin dapat diandalkan.

Dalam artikel ini akan kita bahas teori pengoperasian mesin Milling CNC dengan sistem control FANUC.

Definisi

CNC adalah kependekan dari Computer Numerical Control.

Mesin Milling CNC adalah mesin milling dimana pergerakan meja mesin (sumbu X dan Y) serta spindle (rumah cutter) dikendalikan oleh suatu program. Program tersebut berisi langkah-langkah perintah yang harus dijalankan oleh mesin CNC. Program tersebut bisa dibuat langsung pada mesin CNC (huruf per huruf, angka per angka), yang hasil programnya disebut dengan program NC, atau dibuat menggunakan PC plus software khusus untuk membuat program NC. Program seperti ini disebut dengan CAM. Kelemahan pembuatan program NC dengan cara manual pada mesin CNC adalah waktu yang dibutuhkan sangat lama, akurasi tidak terjamin, mesin tidak bisa digunakan pada saat pembuatan program NC berlangsung, dan banyak lagi.

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang mesin CNC, bab pertama yang harus Anda kuasai adalah bab Keselamatan Kerja.

STANDAR KESELAMATAN KERJA

Sebelum mempelajari tentang proses permesinan dengan mesin CNC, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindarkan hal-hal yang akan mengakibatkan kecelakaan kerja maupun kerusakan mesin.

  • Gunakan pakaian kerja yang pas dibadan, jangan terlalu longgar, buang atau rapikan bagian-bagian pakaian yang menjuntai
  • Gunakan selalu sepatu keselamatan (safety shoe)
  • Gunakan kacamata pelindung ketika berhadapan dengan mesin yag sedang beroperasi
  • Jangan terlalu dekat dengan meja mesin di saat Pergantian Tool Otomatis (Auto Tool Change) berlangsung.
  • Jangan mengganti tool di magazine tool pada saat mesin beroperasi
  • Jangan membersihkan chip, terutama yang berada di meja mesin pada saat mesin beroperasi
  • Jangan membuka pintu panel (bagian belakang mesin) pada saat mesin sedang beroperasi
  • Jangan menggunakan sumber arus yang cepat berubah seperti arus yang dipakai oleh mesin las di area yang berdekatan dengan mesin CNC.
  • Apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada saat mesin sedang beroperasi, hentikan mesin segera dengan menekan tombol Emergency Stop.
  • Hentikan putaran mesin dan pergerakan meja maupun spindle sebelum memasuki mesin untuk penggantian part mesin, pembersihan, ataupun penyesuaian.
  • Matikan mesin sebelum melakukan perbaikan mesin
  • Hindarkan sirkuit atau kabel yang terbuka tanpa pengaman.
  • Bersihkan dinding taper (miring) pada bagian dalam spindle arbor. Hal ini harus benar benar diperhatikan agar keakurasian pemotongan cutter dapat terjamin
  • Perhatikan pencekaman benda kerja. Jika benda kerja di cekam pada fixture ataupun pada meja mesin, pastikan pencekamannya kuat.
  • Pengoperasian tombol panel. Jangan menekan tombol ataupun switch dengan memakai sarung tangan
  • Jangan menyentuh chips dengan tangan telanjang, gunakan sarung tangan
  • Jaga kebersihan lantai di sekitar mesin.
  • Pastikan koridor/gang/jalan disekitar mesin bersih dari barang-barang yang menghalangi.
  • Ingatkan rekan kerja soal keselamatan kerja dan kebersihan area kerja
  • Pastikan hanya operator yang ditunjuk yang boleh mengoperasikan mesin.
  • Jangan mengoperasikan mesin, kecuali yakin tidak akan membahayakan diri dan rekan kerja,
  • Jangan meletakkan tool dan alat perlengkapan di dalam mesin yang sedang beroperasi.
  • Kembalikan tool dan alat ke tempat semula setelah dipakai.
  • Jangan menyentuh bagian mesin yang berputar.
  • Jangan memposisikan anggota badan pada celah mesin pada saat mesin sedang beroperasi.
  • Jangan membersihkan atau melumasi bagian mesin pada saat mesin sedang
  • beroperasi.
  • Jangan membersihkan bagian mesin yang berputar menggunakan kain lap.
  • Jangan melepas label peringatan yang telah ditempelkan di mesin.
  • Jangan memakai perhiasan saat mengoperasikan mesin, seperti cincin, gelang, kalung maupun sejenisnya.
  • Mengerti, hafal dan paham akan aturan keselamatan kerja
  • Biasakan berdoa sebelum bekerja

Pokok bahasan dalam artikel ini dibagi menjadi beberapa bagian :

  1. Komponen-komponen mesin
  2. Perawatan mesin
  3. Tombol-tombol pada Control Panel

1. Komponen-komponen mesin

1.1  Meja mesin

Mesin milling CNC bisa bergerak dalam 2 sumbu yaitu sumbu X dan sumbu Y. Untuk masing-masing sumbunya, meja ini dilengkapi dengan motor penggerak, ball screw plus bearing dan guide way slider untuk akurasi pergerakannya. Untuk pelumasannya, beberapa mesin menggunakan minyak oli dengan jenis dan merk tertentu, dan beberapa mesin menggunakan grease. Pelumasan ini sangat penting untuk menjaga kehalusan pergerakan meja, dan menghindari kerusakan ball screw, bearing atau guide way slider. Untuk itu pemberian pelumas setiap hari wajib dilakukan kecuali mesin tidak digunakan. Meja ini bisa digerakkan secara manual dengan menggunakan handle eretan.

Meja mesin

1.2  Spindle mesin

Spindle mesin merupakan bagian dari mesin yang menjadi rumah cutter. Spindle inilah yang mengatur putaran dan pergerakan cutter pada sumbu Z. Spindle inipun digerakkan oleh motor yang dilengkapi oleh transmisi berupa belting atau kopling. Seperti halnya meja mesin, spindle ini juga bisa digerakkan oleh handle eretan yang sama. Pelumasan untuk spindle ini biasanya ditangani oleh pembuat mesin. Spindle inilah yang memegang arbor cutter dengan batuan udara bertekanan.

Spindle mesin

1.3  Magasin Tool

Satu program NC biasanya menggunakan lebih dari satu tool/cutter dalam satu operasi permesinan. Pertukaran cutter yang satu dengan yang lainnya dilakukan secara otomatis melalui perintah yang tertera pada program. Oleh karena itu harus ada tempat khusus untuk menyimpan tool-tool yang akan digunakan selama proses permesinan.

Magasin Tool adalah tempat peletakkan tool/cutter standby yang akan digunakan dalam satu operasi permesinan. Magasin tersebut memiliki banyak slot untuk banyak tool, antara 8 sampai 24 slot tergantung jenis mesin CNC yang digunakan.

Tool Magazine

1.4  Monitor

Pada bagian depan mesin terdapat monitor yang menampilkan data-data mesin mulai dari setting parameter, posisi koordinat benda, pesan error, dan lain-lain.

Monitor

1.5  Panel Control

Panel control adalah kumpulan tombol-tombol panel yang terdapat pada bagian depan mesin dan berfungsi untuk memberikan perintah-perintah khusus pada mesin, seperti memutar spindle, menggerakkan meja, mengubah setting parameter, dan lain-lain. Masing-masing tombol ini harus diketahui dan dipahami betul oleh seorang CNC Setter

Panel kontrol

1.6  Coolant hose

Setiap mesin pasti dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk cutter dan benda kerja. Yang paling umum digunakan yaitu air coolant dan udara bertekanan, melalui selang yang dipasang pada blok spindle.

Coolant hose

Ke-enam komponen tersebut harus dipelajari terlebih dahulu dan dipahami sebelum melangkah ke bab berikutnya.

2. Perawatan mesin

Bab ini sangat penting untuk dipahami. Pelajari terlebih dahulu cara merawat mesin dengan benar, baru kemudian belajar cara pengoperasiannya. Bagian-bagian yang harus dirawat antara lain : Kebersihan bodi mesin, Pelumas ball screw meja, pelumas untuk silinder udara pada spindle (apabila ada), saringan udara pada  dinding panel belakang, dan lain-lain.

2.1 Pelumas ball screw

Beberapa mesin menggunakan oli sebagai pelumas, pelumas ini biasanya ditampung dalam tabung plastik yang ditempatkan di bagian belakang mesin. Tabung ini dilengkapi dengan sensor yang terhubung dengan mesin yang akan memberikan peringatan apabila jumlah oli sudah tidak mencukupi. Jumlah oli pelumas ini harus di periksa setiap hari dan ditambah apabila perlu . Jenis oli yang bisa digunakan antara lain Vactra Oil no 2, ESSO K68, Shell T68. Beberapa perusahaan menggunakan oli Hidrolik no 32, namun hal ini tidak dianjurkan. Satu hal yang juga sangat penting dilakukan terkait dengan pelumas ball screw ini adalah kepastian terdistribusikannya pelumas ini secara merata ke tempat-tempat yang seharusnya. Pelumas ini di distribusikan dari tabung belakang menuju meja mesin melalui pipa kecil dengan bantuan pompa. Apabila ada measalah dengan sistem distribusi, maka meja aka bergerak tanpa pelumas, akibatnya dalam waktu singkat ball screw akan rusak (aus, terbakar, dll), bearing akan hancur, dan biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya akan sangat mahal. Pastikan bahwa pelumas terdistribusi dengan benar dengan cara membuka tutup meja secara periodik dan memeriksa apakah pelumas terdistribusi dengan benar. Lakukan pemeriksaan ini sebulan sekali. Gejala awal dari kerusakan ball screw atau bearing dapat dideteksi dari bunyi kasar yang dikeluarkan meja ketika meja digerakkan. Lakukan segera pemeriksaan apabila ini terjadi.

Ball Screw                                                 Tabung pelumas

2.2 Pelumas Guide way slider

Mesin Milling CNC memiliki 4 buah Guide way slider, yaitu perangkat yang menyangga semua beban berat meja, dan membawa meja bergerak ke sumbu  dan Y. Guide way ini bertanggung jawab atas akurasi pergerakkan meja dan kemulusan gerakannya. Hubungan antara guide way, rel landasan dan meja mesin adalah mutlak sliding fit, tidak diperkenankan adanya kelonggaran sedikitpun. Apabila itu terjadi, maka akurasi pergerakan akan melenceng jauh, dan bearing serta ball screw akan cepat rusak. Untuk menjaga konsistensinya, pergerakan guide way ini juga harus selalu dibantu oleh pelumas. Kebanyakan mesin menyatukan pelumas ini dengan pelumas pada ball screw. Tetapi ada beberapa mesin yang memisahkannya. Untuk tipe mesin ini Anda harus memeriksa distribusi pelumasan juga secara terpisah.

Guide Way Slider

3.3 Pelumas untuk Silinder udara bertekanan pada proses ATC (Auto Tool Change)

Pada proses ganti tool secara otomatis, mesin menggunakan pneumatic cylinder yang dibantu udara bertekanan (angin) sebagai tenaganya. Udara bertekanan itu mendorong poros yang ada didalam Cylinder yang pada gilirannya akan mendorong tuas pada magasin untuk mengeluarkan tool. Untuk cylinder inipun dibutuhkan pelumas yang harus selalu kita periksa kecukupannya. Pelumas ini biasanya diletakkan pada tabung plastik kecil yang diletakkan di depan cylindernya. Meskipun pelumas untuk cylinder ini sangat awet, bisa bertahan sampai bertahun-tahun tanpa harus ditambah, tetapi pemeriksaan secara periodik tetap harus dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran. Jenis pelumas untuk cylinder ini bisa menggunakan oli hidrolik no.32, oli yang sama yang biasa digunakan pada mesin jahit.

Pelumas ATC Pneumatic Cylinder

3.4 Saringan udara panel belakang mesin.

Pada bagian belakang mesin terdapat panel tempat menyimpan perangkat keras mesin tersebut. Panel tersebut berisi kartu pengatur (untuk spindle, motor servo, amplifier),  relay dan lain-lain. Pada saat mesin dihidupkan, hal ini akan meningkatkan suhu pada ruangan dalam, oleh karena itu pada pintu panel belakang biasanya dipasang satu exhaust fan yang menarik udara luar ke dalam ruangan panel selama mesin di hidupkan. Pada pintu fan ini di pasang filter mat untuk menyaring debu yang ikut tertarik, dan filter ini akan cepat sekali kotor tertutup debu (tergantung dari lingkungan ruangan mesin ditempatkan). Apabila filter ini tersumbat debu, fan akan gagal mendinginkan ruangan panel, dan akibatnya hardware dalam ruangan panel akan mengalami overheat dan mengalami kerusakan. Bersihkan filter fan pada pintu ruangan panel belakang SETIAP HARI.

Saringan udara panel masin

3.5 Tangki Coolant

Setiap mesin memiliki tangki khusus untuk penampungan coolant (pendingin) dengan kapasitas yang berbeda-beda, berkisar antara 200 hingga 700-an liter air, tergantung dari ukuran mesin. Alur yang terjadi pada proses pendinginan benda kerja oleh coolant adalah sebagai berikut : coolant pada tangki ditarik oleh pompa menuju inlet yang terpasang pada (biasanya blok spindle mesin) melalui selang fleksible. Inlet akan mengeluarkan coolant ke arah benda kerja atau tool (tergantung arah yang dinginkan operator) dengan kapasitas semburan yang bisa di atur. Coolant tersebut kemudian akan mengalir kembali ke dalam tangki coolant yang berada di bagian bawah mesin. Pada saat coolant kembali mengalir ke tangki penampungan, chip yang halus akan ikut terbawa masuk karena ukurannya yang kecil sehingga bisa masuk ke celah yang kecil dan berbobot cukup ringan sehingga mudah terbawa arus coolant. Tumpukan chip halus pada tangki coolant dalam jumlah banyak akan mengakibatkan tersumbatnya saluran keluar dari tangki menuju selang, dan akibatnya coolant tidak akan keluar dari inlet. Permesinan pada material logam HARUS SELALU MENGGUNAKAN COOLANT. Bersihkan tangki secara periodik (2 minggu sekali atau sebulan sekali, tergantung dari produktifitas mesin dan jenis material yang digunakan).

Tanki Coolant

Selain perawatan rutin komponen di atas, kebersihan bodi mesin secara keseluruhan harus dijaga SETIAP HARI KERJA tanpa kecuali.

3. Tombol pada panel control

Panel kontrol adalah pusat pemerintahan dari mesin CNC. Dari panel kontrol inilah semua perintah pergerakan mesin dikeluarkan. Setiap Setter mutlak harus memahami semua fungsi dari panel kontrol.

Panel Kontrol


Responses

  1. Hmm,,, penasaran. Saya tertarik sama coolant hosenya. Itu bisa dibeli satuan gak di Bandung? Kalo ada dimana ya? Saya mo buat sesuatu menggunakan coolant hosenya

    Terimakasih. Maaf gak nyambung sama topiknya :)
    Ulasan yang bagus

    • Heheh, proyek apa tuh? Kalau ngga salah memang jualnya satuan (atau mungkin sepasang, dalam satu karton box), cuma nama pasarnya saya ngga yakin kang, sepertinya selang flexibel jeton. Biasanya dijual di toko-toko teknik. Kalau di Bandung bisa di coba di Toko DEWALT (bukan nama tokonya sebenarnya, tapi ada tulisan itu gede banget di depannya) di Jalan Karapitan dekat simpang lima Ahmad Yani-Sunda-Gatsu-Karapitan, atau coba di kosambi deket toko tiga (lupa namanya, pokoknya banyak mesin-mesin di sana), atau bisa juga cari di Kawan Lama dan Ace Hardware.

    • Kalau mau cari coolant untuk hal yang sejenis dapat menghubungi 0813 8686 6869

  2. THANKS ATAS ARTIKELNYA BOS, LUMAYAN NIH NAMBAH PENGETAHUAN SY SEBAGAI PROGRAMMER OPERATORNYA LANGSUNG.

    • Heheh.. sama-sama bos, semoga bermanfaat. Ngga seberapa kok, cuma itu itu saja ilmunya :)

  3. Pak Yogi, jadi pengen nulis artikel CNC juga, tapi taulah ngomong aja saya gagap.. kgk pernah bisa sistematis :D

    ada isi workshop dijual dgn harga USD 20.000 Pak, ada beberapa CNC dan Vacuum harden ( belum pernah dipakai ), beberapa konvensional mesin, mau invest?

    • Fans-nya Aziz? :)
      Untuk sementara saya investasi do’a saja dulu .. Sigit yang beli workshopnya :)

      • Mas Sigid tolong infokan kesaya isi workshop yang mau dijual, sepertinya saya tertarik tuh, Onk_ssk@yahoo.com. makasih sebelumnya.

      • Sudah saya forward pesannya ke beliau…

      • wah sudah laku pak awal agustus kemaren, karena sistem lelang dapet 25 an lah, ntar saya tanya kalo mau dijual lagi, heheh..

  4. Hatur nuhun atas artikelnya bos! saya sbg operator cnc, menambah pengetahuan saya^_^

  5. thanks 4 inf0rmation

  6. Mohon Maaf, Saya ada kebutuhan Mesin Milling dengan Spec:
    1. CNC Milling
    190 VMC xi, HSD – 500

    2. CNC Lathe
    1860 TCL Benchtop Lathe
    Max. swing over slide F 430 mm
    Max. cross travel 365 mm
    Spindle bore F 105 mm
    Range of Spindle speed 200 – 1100 rpm

    Bisa dibantu?

  7. terlambat yah, ya udah gak apa apa, nanti kalo ada info lagi tolong kabarin saya langsung via email sj. sebelumnya makasih mas sigid.

  8. [...] [...]

  9. tq for this information.. at last, report saya sudah siap, dan hopely dapat full marked from lecture..
    doa kan saya..

  10. dear friends,
    tq so much for all information.. saya sukakan ‘skrip – biasakan doa sebelum kerja’.. at last, laporan saya siap.. hopely, dapat full marked from lecture..
    tq ones again..

    • Sama-sama, terimakasih sudah mampir :)

  11. Tanya dong pak.. kalo saya punya design (CAD) terus mau di potong pake CNC ke alumunium 2mm saya hubungi siapa ya? Lokasi saya di Bandung, kalau ada servis di Bandung bagus, kalo di Jakarta juga gpp. Keperluannya gak banyak.. ya buat hobby parts prototyping gitu. Itungannya gimana ya? apakah per-cm atau gimana gitu.
    Thanks!

    • Saya teruskan pada pembaca yang mampir…..
      Just info : Biaya untuk pengerjaan CNC machining biasanya terbagi menjadi bbrp item :
      1. Biaya bahan
      2. Biaya pembuatan program NC (kalau sederhana sih biasanya digratiskan, yang dibebani biaya kalau misalnya bentuknya kontur 3D yang membutuhkan skill khusus dan waktu yang lama dalam pembuatan programnya)
      3. Lamanya waktu machining (setiap pemilik mesin sudah punya argo masing2, berapa tarif machining per jamnya. Dari program NC yang dibuat kan langsung terlihat berapa lama waktu machining yang dibutuhkan, tinggal dikalikan saja).
      4. Pembelian cutter khusus (bila kontur yang akan dibuat membutuhkan pisau yang diluar stok standar)
      5. Pembuatan alat bantu permesinan (contohnya bahan yang terlalu tipis akan membutuhkan alat pemegang yang dibuat khusus untuk keperluan tersebut).

  12. Thanks buat artikelnya, sangat membantu sekali untuk menambah pengetahuan. Saya mau tanya nich, ada yang punya kenalan atau ada dari antara saudara sekalian yang programmer mesin cnc milling / bubut? karena sekarang saya sedang butuh. Kalau ada bisa hubungi saya di yanshen_srm@yahoo.com

    • Apabila berminat saudara dapat menghubungi saya di no 085721437144 , saya programer mesin CNC ( Milling, bubut ) di PT.Dirgantara Indonesia Bandung (dulunya IPTN), saya berpengalaman membuat program di mesin CNC 2,3,4, atau 5 axis menggunakan berbagai macan software seperti autocad, cad cam, bahkan Catia sekalipun.
      Part2 pesawat terbang yang rumit dan membutuhkan kepresisisan tinggi sudah biasa saya kerjakan.
      Apabila saudara tertarik harap hubungi saya di no diatas.
      Soal harga itu urusan no 2. yang penting saya punya penghasilan sampingan.. :D
      Terima kasih.

  13. Numpang tanya nih…kalau mau beli coolant dimana yah..untuk CNC lathe machine…mungkin butuh 1 drum…saya di daerah citeureup…thanks

    • di citeueup nya dimana ?
      saya ada kenalan khusus menyediakan coolant…
      email ke rio_yf@yahoo.com

  14. numpang promo nih..
    kali2 aja ada yang perlu jasa servis / perbaikan / geometri mesin CNC saya siap membantu. Mau retrofit juga bisa kok. Harga disesuaikan dengan kebtuhan. Yang berminat email disei@yahoo.com Atau lwat fb disei@yahoo.com
    Thank’s

  15. om numpang nanya. kalo CAD-CAM itu programmnya bisa untuk CNC bubut dan milling atau hanya salah satu saja?
    saya berencana ikut training programer CNC tapi butuh untuk yang bubut.
    terimakasih

    • Kebanyakan program CAM yang sekarang populer memiliki fitur pemrograman CNC untuk hampir semua jenis permesinan, milling, bubut, grinding, wirecut, dll dalam satu software.
      Pemrograman untuk pengerjaan bubut lebih sederhana dibandingkan pemrograman milling.
      Salam

  16. thks u infonya…..
    sngat membantu dlm praktek cncm d kampus Q (akademi teknik soroako)

    • Senang bisa membantu
      Selamat belajar

  17. mau tanya ….langkah2 memaintenance mesin frais cnc…..(operational plannya)

  18. Secara umum cukup mengacu ke artikel di atas, tapi untuk rincian prosesnya sangat tergantung dari jenis mesinnya, karena beda jenis dan merknya, beda juga struktur mesinnya. Untuk setiap mesin CNC seharusnya ada panduan / manual book tentang hal teknis termasuk langkah2 perawatannya. Harga mesin semahal itu tidak mungkin tidak dilengkapi dengan manualnya :)

    Salam

  19. wah.

  20. pak, kalo diperusahaan bapak, bisa short course ga? saya perlu CNC milling n CNC bubut. kebetulan di sekolah saya ada mesin CNC dari siemens.mohon infonya ke email. thanks pak.

  21. saya ivan,
    ketika mesin milling excel 10t24 baterai untuk backup memory rusak sehingga semua parameter hilang. saya berharap ada teman yang mau mengirimkan parameter pmc ( parameter untuk keep relay timer counter ). jika parameter untuk mesin ini fanuc 21m saya ada backup recordnya.
    salam

  22. mau nebeng ni…..saya berminat kursus programer machining cnc,tp ko lokasinya dibandung y?kira2 ada yang didaerah jakarta g?coz, domisili saya dijakarta. dan posisi saya sekarang operator machining cnc.saya sangat berminat klo ada yang lebih dekat.

  23. Mas Yogi pengalaman tentang proses machining juga ya,,,boleh nih buat saya jadikan guru,,hehehe

    • Heheee… jangan Gan, jadi teman sharing saja :D

      • whaha udah pantes kyknya gan kl dijadiin guru,,,btw apakah kerjaan agan berkenaan juga dg machining?

      • Maaf Gan, lama ngga buka blog. back ground sekolah saya memang di fabrikasi machining, dulu pernah ker di bidang machining (dan cnc) sekitar 6 tahun, tapi sekarang udah ganti, jadi ke 3d Laser Scanner :)

  24. bagus banget mas, bisa ga membahas mesin millig double gantry alumuniumonly keluaran cincinnati milacron yang pake 3 spindle dan 5 axis?

    • Maaf mas, lama replynya :). Cincinatti milacron mah kurang familiar, ngga berani bikin artikelnya, takut salah :)

  25. mass…ikut traning cnc bisa kah

    • Waduh maap lama ngga buka blog. Aku udah ngga aktif lagi di bidang itu, Mas, udah beda jalur :). Cuma jadi pengamat saja :)

  26. Alamatnya dimana ? di no.hp berapa ? makasih mas

  27. bila rekan rekan memiliki bekas mata bubut cnc jenis carbide, kami beli harga tinggi, sejabotabek barang di jemput, pembayaran tunai, hub 083897303300 call/sms

  28. mas klo ada waktu saya ingin kosultasi untuk pemrogaman atau perakitan mesin cnc,,kami ada proyek pembuatan mesin potong cnc spesial akrilic
    karena saya berharap bisa 5 axis,

    • Kebetulan sekarang sudah ngga aktif di bidang itu lagi Mas, udah beda jalur :) Ada teman saya yang bisa saya kenalkan ke Mas kalau mau

      • Mas sujanayogi saya mau belajar pemograman dan rakit cnc,,dimana tempatnya,, bisa bantu,,trims

    • maaf ms. yogi, numpang info dunk..
      ms peter, saya pernah retfofit (bangun ulang) mesin cnc, kalau mungkin sya bisa bantu bisa email ke disei@yahoo.com atau
      085721437144, tks :)

  29. gimana saya bisa belajar program dan memuat program dengan cepat ,apa kah ada temoat kursus nya atau belajar sdr dgn pedoman ke buku ,trs ,,dimana saya bisa mendapat kan buku nya ,yg bener bener tentang ,cara membuat program

  30. Saya ingin membuat matres (cetakan) untuk press plat. Kalo buat di Bandung yang bisa bikin matres ukuran 6mm x 6mm di mana yah…

  31. Kalo saya mau buat matres (cetakan plat, gambar character cartoon) dengan ukuran 6mm x 6mm , di Bandung di mana yah tempat yang bisa buat dengan cnc…masalah nya kan ukuran nya kecil apakah jadi lebih sulit?

  32. om… klo cara buat game gimana…? ad yg tau kagak…?

  33. pengen gabung

  34. saya punya mesin cnc milling focus, gimana cara memutarkan spindel utama,urutan yang benar, cara pengoperasian dan cara memasukan program ke mesin

  35. ane ijin sedot yah gan

  36. Pingin gabung

  37. Kang di bandung yg buka jasa CNC dimana? kisaran nya berapa untuk korter boring? pengen nyobain hasil CNC :D

  38. ada yg tau cra buat program chmper luar dngn angel 30 menggunakan ballnose..untuk mesin cnc miling LV 660 (program manual)

    • Lebih mudah pakai software CAM, kalau menggunakan program manual terlalu rumit :)

  39. Pa, saya berminat untuk kurus cam, apa mungkin bisa dibantu?

    • Untuk kursus CAM sayangnya masih sangat sedikit, yang saya tahu dulu ada di institusi2 pendidikan yang punya fasilitas ini, mereka mengadakan kursus tapi masih sebatas kursus untuk perusahaan, belum ke perorangan. Kurang tau sekarang. Mingkin teman2 yang lain ada yang tau?

  40. Mantap gan, nambah pengetahuan numpang nyimak aja yach :)

    • Menyimak adalah juga hobi saya :)
      selamat menyimak

  41. om_
    tolong jelasin fungsi\keguna’an kode pada CNC

    maklum q orang awan baru mau mempelajari progam CNC

    mohon bantuannya ya

    aturnuhun

    • Mohon maaf, paririmbon cnc code saya hilang :(

  42. Numpang iklan boleh? Saya punya CNC Hartford Pro 1000. Mau pindah jadi mau dijual. Sdh 2 tahun, Ori. Table size 1150 x 600 mm, Axis Travel X/Y/Z 1000/600/630 mm. Harga $50,000 net. Hub Rachmat 087874265096 2ndhartford4sale@gmail.com. Jazakallah Khoir Kang Yogi.

  43. om bedanya cnc milling dengan cnc boring apa?

    • Perbedaan paling jelas ada di peruntukannya, Milling adalah mesin perkakas untuk membuat obyek dengan bentuk dasar balok, meratakan permukaan benda, memotong sisi samping, dll (termasuk membuat lubang), di mana cutter pada mesin CNC milling dapat bergerak multi axis (minimal sumbu x, y dan z)
      Boring adalah mesin perkakas hanya untuk membuat lubang pada suatu benda kerja, atau ada juga yang mengartikan membesarkan lubang/mencapaikan ukuran lubang, yang mana proses membuat lubang disebut dengan Drilling.

  44. Saya ingin kursus software mach3 mill dan lathe dijakarta dimana yah,,ada yang tau,,,minta infonya donk,,,trims
    atau call saya di 085814411247

  45. Mohon Ijin. : ditempat kerja sy ada CNC bubut GSK NX L-300 dan CNC Milling VMC 550 L. blm pd bisa pengoperasiaanya. jk ada yg bisa bantu untuk mengoperasikan dan menjalankan dlm kegiatan produksi, sy berharap bisa demikian. klo pun perlu buget sekiranya berapa dan sistem/teknis nya gimana.? trims ya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.